Ribuan Masyarakat Siak Akan Diberi Lampu Hemat Listrik

SIAK – Wakil Bupati Siak Alfedri, bersama TNI-AD, mengadakan program LENTERA (Lampu Hemat Energi Tentara Rakyat) dengan membagikan ribuan lampu hemat listrik kepada masyarakat kurang mampu yang ada di Kabupaten Siak.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi pemasangan lampu hemat listrik kepada seluruh Babinsa yang di adakan di gedung Tengku Mahratu, Rabu (26/7/2017) dengan mengundang Ujang Koswara pemilik usaha lampu LIMAR (Listrik Mandiri Rakyat)  yang berasal dari Bandung.

Lampu Limar ini merupakan lampu hemat listrik yang dibeli melalui dana CSR dari PT. Bumi Siak Pusako (BSP) yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Siak yang rumahnya belum di aliri listrik.

Hingga kini lebih kurang sebanyak 2.175 rumah masyarakat kurang mampu yang ada di Kabupaten Siak belum dialiri listrik. Sehingga hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat Siak bebas gelap, mengingat pemasangannya yang sangat mudah serta membutuhkan biaya yang sangat sedikit.

“Ini kenapa kita sangat mengupayakan lampu lentera ini, karena biayanya sangat minim, hanya dengan men chas tiga ribu, bisa tahan satu bulan, jadi hasilnya jika lampu yang sekarang itu satu watt, bisa setara dengan 10 watt, kan ini sangat membantu,” ujar Alfedri.

Nantinya, murid-murid SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Siak akan disosialisasikan cara merakit Limar ini, sehingga permasalahan listrik ini juga dapat diselesaikan oleh masyarakat Siak sendiri dan dapat digunakan bagi masyarakat kurang mampu yang belum mendapatkan listrik, sehingga Siak dapat bebas dari gelap.

Lampu ini merupakan lampu hemat listrik, yang dengan lampu satu watt, bisa menghasilkan lampu yang terangnya setara dengan 10 watt dan usianya bisa mencapai 10 tahun. Lampu ini merupakan penemuan Kang Ujang Koswara salah seorang warga Bandung, yang saat ini didatangkan langsung ke Kabupaten Siak untuk mensosialisasikan penggunaan lampu hemat tersebut.

Dan saat ini, Kabupaten Siak merupakan Kabupaten pertama di Provinsi Riau yang menerapkan program lampu hemat ini. Pembagian lampu hemat listrik ini direncanakan akan dilakukan pada saat perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Penulis : Mg1

 

Reblog dari Artikel