Hawuko, Inovasi Kompor yang Bisa Hasilkan Listrik

TEMPO.CO, Bandung: Berawal dari keluhan masyarakat atas mahalnya bahan bakar untuk memasak, Ujang Koswara bersama komunitas UKO atau Universitas Kehidupan Otonom, telah berinovasi membuat tungku yang berfungsi sebagai sumber energi listrik dari bahan bakar sampah. Selain itu, tungku tersebut juga dapat digunakan untuk memasak sebagai kompor.

Tungku tersebut terbuat dari plat atau kaleng bekas yang dimodifikasi dengan blower komputer. Ujang menjelaskan, alat ini memanfaatkan perbedaan suhu plat yang dingin dan plat yang dipanaskan.

Sampah kering seperti ranting, daun dan sabut kelapa diisi penuh dalam tungku. Untuk satu tungku dapat digunakan memasak selama 3-4 jam, dan menghasilkan daya listrik sebesar 5 watt. Daya listrik tersebut dapat diperbesar dengan jumlah sampah yang dibakar lebih banyak pula. Hal tersebut dapat digunakan sebagai solusi mengurangi sampah.

Dengan bahan baku yang sederhana, masyarakat dapat dengan mudah membuat ulang tungku tersebut. Tungku yang diberi nama Hawuko ini, dapat digunakan masyarakat tanpa dikomersilkan. Bersama TNI, Ujang dan Komunitas UKO akan berkeliling Indonesia untuk memenuhi permintaan pengaplikasian alat tersebut.

Jurnalis Video: Dicky Nawazaki
Editor/Narator: Ryan Maulana

Repost dari Artikel