Pasiter dan Babinsa Ikuti Pelatihan Listrik

Pematangsiantar, (Analisa).  Sebanyak 60 Pasiter dan Babinsa Korem jajaran Kodam I/BB mengikuti pelatihan Listrik Lentera yang dilaksanakan secara kerja sama Kodam I/BB dengan Yayasan Listrik Mandiri Rakyat (Limar) dipusatkan di Korem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Pematangsiantar, Senin (25/8).

Danrem 022/PT, Kol.Arm.Broto Guncahyo S.Sos dalam pembukaan pelatihan yang berlangsung sampai 27 Agustus 2014 itu mengatakan, listrik memegang peranan vital dalam kehidupan dan menjadi energy utama pada kehidupan baik di rumah tangga hingga industri. Kebutuhan terhadap listrik, merupakan bagian dari hajat hidup orang banyak karena menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Penemuan Limar oleh Ujang Koswara, merupakan salah satu bentuk jawaban dari kelangkaan energi saat ini. Karena itu, Limar merupakan inovasi teknologi sederhana yang diciptakan untuk menjawab permasalahan kelangkaan energi di Indonesia, khususnya untuk penyediaan penerangan bagi masyarakat Indonesia, terutama di daerah terpencil yang belum menerima aliran listrik.

Danrem mengharapkan, agar pelatihan yang dilaksanakan dapat memberikan ilmu pengetahuan dan kemampuan bagi prajurit, khususnya para Babinsa untuk pemberdayaan hemat energi melalui penemuan Listrik Mandiri Rakyat. Selanjutnya ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan di satuan dan dikembangkan kepada masyarakat di desa binaannya masing masing.

Ujang Kuswara menjelaskan tentang pokok hemat energy di antaranya, lampu bertenaga Accu mobil (Limar hanya menggunakan satu accu (aki) dalam rumah tangga dengan menggunakan lima bola lampu ukuran satu watt, setara dengan lampu ukuran 10 watt. Aki yang digunakan berukuran 35 amper.

Produksi Limar hanya satu satunya di dunia seraya menjelaskan tentang kompor menggunakan bahan bekas, penggunaan teknologi gas elpiji unuk sepeda motor dan perahu motor, sebutnya. (er)

Repost dari Artikel