Wagub Dukung Bio Farma Yang Sudah Lebih Dulu Peduli Jabar Caang

BANDUNG –  Direktur Kreatif & Entrepreneur Bandung Creative City Forum (BCCF) yang juga Dewan Pembina Yayasan Pilar Peradaban Ujang Koswara (tengah) disaksikan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (kanan) memberikan penjelasan seputar lampu hemat energi ciptaannya yang disebut Limar (listrik mandiri rakyat) dalam acara Silaturahmi dan Sosialisasi Program “Jabar Caang” di Gedung Serba Guna Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Rabu (4/9/2013).

Dalam kesempatan itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di wilayah Jabar untuk mempercepat realisasi program Jabar Caang. Pemprov Jabar berharap, dukungan dana corporate social responbility (CSR) dari perusahaan-perusahaan BUMN tersebut bisa mempercepat realisasi program tersebut.

Menurut Deddy Mizwar, salah satu upaya BUMN yang perlu dicontoh seperti yang telah dilakukan PT Bio Farma dengan elektrifikasi wilayah Ciptagelar, Sukabumi, yang menggunakan produk hasil ciptaan Ujang Koswara yang asli Jawa Barat yakni Listrik Mandiri Rakyat atau Limar. Produk Limar yang dirancang Ujang Koswara ini, bisa menggunakan tenaga aki kendaraan atau tenaga listrik. Dengan Limar, kini wilayah Ciptagelar saat malam tidak lagi gelap gulita dan anak-anak sekolah bisa belajar saat malam. BNP/Yurri Erfansyah